19 August 2015

Festival Musim Panas Di Jepang

festival musim panas di jepang

Matsuri atau perayaan dan event di Jepang sangatlah banyak dan beragam,menurut musim nya. Mari simak perayaan apa saja yang ada di Jepang di musim panas ini.

Obon: Adalah perayaan mengenang para leluhur yang telah meninggal.Menjemput atau ziarah,menjamu dan mengantar kembali ke peristirahatan nya.Adat dan perayaan ini di setiap daerah berbeda-beda.Juga di latar belakangi dengan agama Budha yang beragam aliran.

Obon biasanya di adakan di tanggal 13 bulan agustus,namun karena tak semua sanak famili bisa hadir,maka obon bisa di adakan di tanggal 14sampai dengan 16 di bulan agustus.Di antara tanggal tersebut para karyawan boleh mengambil
liburanya secara bergantian.Bagi anak sekolah mereka akan berlibur panjang di musim panas.
Di daerah Kyoto ada adat membakar dupa di area pegunungan , dupa tersebut telah di tuliskan jenis huruf,yang kegunaanya untuk jalan keluar dan jalan kembalinya para arwah.Di  daerah lainya di malam harinya mengadakan tarian obon yang di maksud juga untuk menghormati para leluhur dan juga sebagai tarian kebahagiaan di musim panas.


Hanabi matsuri:Atau perayaan kembang api.Di musim panas kembang api hampir ada di setiap hari di seluruh Jepang.Mulai dari pesta kembang api kecil sampai besar.Sebut saja kembang api yang ternama ke indahannya adalah di daerah Niigata.Kembang api di daerah tersebut terbagi atas 3tempat.Laut( Kashiwazaki)biasanya ini di bulan juli. Sungai (Nagaoka)biasanya di bulan agustus.Gunung(Katakai)biasanya di bulan september, dan daerah lain seperti Yokohama dan Hokkaido.

Omikoshi:Festival ini adalah simbolnya perayaan musim panas dan festival Jepang.Melibatkan semua rakyat setempat dan membawa arak-arakan.

Odori Matsuri:Atau festival tarian daerah Jepang.Tarian Jepang banyak ragam nya dan ini biasanya di barengi dengan festival kembang api atau omikoshi.Contoh tariannya adalah yosakoi,soran dan sebagainya.Tarian Jepang juga menurut musim nya.

Taiko Matsuri:Atau festival beduk.Jepang juga terkenal akan atraksi pukul beduk.
Atraksi ini sudah ada sejak lama jaman kerajaan dahulu,yang kebudayaan aslinya datang dari China. Saya sendiri pernah menonton konser beduk ini dengan harga tiket 6000yen atau sekitar 600ribu rupiah.Saya sangat terpesona akan perfomance nya,dan baru tahu kalau beduk itu juga bisa menjadi suara yang bagus yang di padu dengan tarian,suling dan alat musik lain.Benar-benar acara yang tradisional sekali.
Namun itu kalau pertunjukannya di dalam ruangan dengan artis beduk profesional.Kita juga bisa menyaksikan acara pukul beduk yang di bawakan oleh para anak sekolah,atau orang biasa di perayaan beduk untuk umum.Festival ini hampir ada di setiap musim.

Festival buah-buahan:Segala jenis buah yang tumbuh di Jepang,pasti ada perayaan nya,walau hanya di beberapa tempat yang menghasilkan buah tersebut. Contohnya..sakuranbo(cherry)festival di daerah Yamagata.

Festival bunga:Festival bunga hampir ada di setiap taman,tentunya bunga yang tumbuh di musim panas. Contohnya bunga mawar yang beragam jenis nya.

Festival sayuran:Segala jenis sayuran yang di hasilkan di musim panas,yang rayakan dalam bentuk pasar atau berbagai masakan yang terbuat dari sayuran.

Festival makanan:Segala jenis makanan Jepang yang sudah populer yang di jajakan kedai-kedai ala Jepang. Makanan Jepang seperti "Takoyaki,Yakitori,Yakisoba,Okonomiyaki dan lain sebagainya.Namun tidak hanya menampilkan makanan Jepang saja,makanan dari negara lain pun terkadang ikut serta dalam perayaan ini.

Demikianlah beberapa festival musim panas di Jepang,walau masih banyak jenis festival musim panas lainnya.Simak juga Tanabata Festival yang di adakan di bulan juli.





No comments:

Post a Comment