06 August 2015

Mengenang 70 Tahun Pemboman Hiroshima Dan Nagasaki

Mengenang 70 Tahun Pemboman Hiroshima Dan Nagasaki
Foto Sejarah yang penuh misteri sehabis pemboman

Hari ini adalah peringatan 70 tahun serangan bom atom
di kota Hiroshima dan Nagasaki.Bom di jatuhkan pada pada tanggal 6 bulan
agustus 1945 jam 8:15 pagi.Seperti biasa NHK Spesial dan juga saluran televisi yang lain  setiap tahunnya memutar ulang film dokumenter tentang perang saat itu dan apa yang terjadi saat bom di jatuhkan, beserta dengan saksi mata yang masih hidup sampai saat ini. Selain setiap tahun pun pasti di adakan upacara penghormatan kepada para korban ledakan,yang di adakan di "Hiroshima Peace Memorial Park".Upacara selalu di hadiri Perdana Mentri dan tamu undangan dari berbagai negara.

Tentu saja serangan itu masih meninggalkan luka yang mendalam,bagi yang mengalaminya saat itu.Kehilangan keluarga,sahabat,penyakit yang terjadi akibat radiasinya dan sebagainya.
Serangan itu mencapai 3kilometer dari daerah ledakan.1km dari ledakan tidak ada yang selamat,2km dari ledakan masih ada yang selamat walaupun luka-luka bakar dan melepuhnya kulit akibat panas yang dirasakan.Ada sebuah foto yang seolah melukiskan semua apa yang terjadi saat itu.Foto ini di muat diberbagai buku,museum dan berbagai media tulis yang masih ada sangkut pautnya dengan kejadian tersebut.

Rata-rata saksi mata dalam foto ini masih hidup sampai saat ini.
Ada seorang ibu yang sedang histeri karena anak bayi nya sudah menghitam akibat terbakar api ledakan. Sedangkan yang lainnya menderita luka bakar di kulit dan melepuh.
Film dokumenter yang ditanyankan tiap tahun ini,bukan untuk mengenang luka lama,namun
memberitahu pada generasi penerus bahwa perang itu sangat menyakitkan,dan penuh derita.

Sejak saat itu jepang bersumpah untuk tidak pernah berperang lagi.Jepang belajar dari keterpurukkan negaranya.Semua rakyat jepang bersatu untuk membangun kembali negara yang porak-poranda.Tiada dendam kepada negara Amerika dari sejak pembonan sampai sekarang tentunya.Justru karena kejadian itu dijadikan sebagai pelajaran hidup membuat negara jepang berkembang sangat pesat, cepat terbangun dari keterpurukan.Jadi lebih tepatnya bukan karena pejabat nya  yang membuat negara jepang maju,tetapi
rakyatnyalah yang patuh,disiplin,taat hukum dan yang terutama kerja keras penuh semangat dalam bidang yang di geluti atau di kuasainya.

Salam
Daisy


No comments:

Post a Comment