10 August 2015

Keramahtamahan Negara Jepang

keramahan negara jepang

Apa yang membuat negara Jepang menjadi negara yang paling banyak di kunjungi oleh beberapa negara?.
Dahulu sebelum saya datang ke Jepang gambaran saya tentang jepang adalah negara yang menakutkan,orangnya gahar-gahar dan kemungkinan banyak mafiaa nya.namun setelah saya ke jepang banyak hal yang selama ini tidak saya ketahui, menjadi pelajaran yang berharga bagi hidup saya.Orang jepang sangat ramah kepada turis dan itu sudah di akui di berbagai negara.
Mereka bahkan siap mengantar anda ke tempat yang anda tuju.Pengalaman ini banyak di rasakan oleh turis yang pernah berkunjung ke jepang termasuk saya.
Simak beberapa hasil angket dari beberapa suara dan dari beberapa turis yang pernah berkunjung ke Jepang.

Keramahan lingkungan.
Di Jepang jarang terlihat sampah.Turis sangat bingung kemana harus membuang sampah nya,karena tempat sampah tidak ada bahkan sampah pun tidak ada berserakan di jalan.Dahulu memang terdapat banyak tempat sampah di beberapa lokasi,namun di tiadakan karena
hal itu hanya membuat tumpukkan sampah.Maka sekarang jika itu sampah anda maka bawa sendiri sampah anda,atau boleh membuangnya jika anda menemukan kotak sampah.
Di setiap taman akan kita temui keran air minum yang bersih dan layak minum.
Jika barang kita tertinggal atau terjatuh baik di jalan,di mall,restoran dan sebagainya tidak usah takut hilang karena tidak akan ada yang mengambil,jika itu sebuah dompet maka si penemu akan memnyerah kan dompet itu ke kantor polisi terdekat dan polisi,akan mencari tahu keberadaan anda.

Keramahan berkendaraan.
Jika anda naik taksi maka pintu taksi akan terbuka dan tertutup dengan sendirinya tanpa perlu menyentuh lagi,hal seperti ini jarang ada di negara maju sekalipun.
Jika ingin naik kereta,selain jadwal dan tujuan nya bisa kita lihat di internet bahkan di handphone kita, kita juga bisa melihat papan petunjuk berupa original,maupun layar sentuh yang ada di setiap sudut stasiun.
Selain itu bagi para turis  akan mendapat tiket pass Japan Railways mereka bisa keliling jepang dengan shinkansen atau kereta dengan harga yang sangatlah murah,di banding penduduk lokal.
Jika kamu ingin mengisi bensin mobil mu,biasanya staff nya akan membersihkan kaca mobil anda secara gratis.

Keramahan Fasilitas.
Toilet jepang sangatlah teknologi,bersih,harum dan hangat di musim dingin.Hal inipun jarang ada di negara lain.Semua toilet jepang gratis,beserta tissu toilet nya yang jarang sekali di colong orang.
Di dalam toko atau mall,bahkan ada yang membukakan pintu bagi pengunjung.
kita bisa menjumpai lift yang memberitahukan setiap lantai secara otomatis.
Souvenir yang anda beli akan di bungkus rapi oleh pramuniaga,dan jarang sekali ada pramuniaga yang bermuka masam.Mereka semua terlatih,bagaimana memperlakukan pengunjung dengan baik.Mengecilkan suaranya jika berbicara dengan pengunjung,membantu mencarikan keperluan pengunjung bahkan saya pernah di pakaiakan sepatu oleh pramuniaga,hahaa..kayak cinderella aja.^^
Di setiap jalanan,banyak kita jumpai mesin penjual otomatis,seperti minuman,rokok,makanan ringan dan sebagainya.
Di dalam restoran,kita akan mendapat air putih atau teh hangat secara gratis.Terdapat tombol pemanggil pramusaji juga di setiap meja.

Keramahan dalam Perjalanan.
Di beberapa tempat wisata akan kita temui beberapa guide dalam bahasa Inggris secara cuma-cuma atau yang bekerja secara Voulanteer. Mereka bisa siapa saja,seorang ibu rumah tangga,bahkan para mahasiswa yang ingin menguji bahasa inggris nya.
Dalam beberapa paket tour ada paket tour pernikahan yang sedang trend di dunia internasional,yaitu ke pulau Okinawa. Di sana pengantin benar-benar di jamu ala raja dan ratu,dan kebanyakan mereka puas dengan pelayanan nya.
Walau mereka tetap harus mengantri di kelurahan untuk mencatat pernikahannya.
Ada pula pihak travel yang mengadakan plant perjalanan mengunjungi rumah orang jepang dan makan bersama.Cost ini di sebut "Home Visit",ini juga sangat trend di kalangan traveller.

Masih banyak beberapa  Keramahan atau di sebut "OMOTENASHI"yang di berikan Negara Jepang,dalam meningkatkan pariwisata nya. Hal di atas hanya sebagian saja yang saya tulis.


Selamat Berlibur
Daisy




No comments:

Post a Comment