15 June 2015

Upacara Masuk Sekolah Dasar Di Jepang


Persiapan masuk Sekolah Dasar di jepang hampir sama dengan persiapan masuk SMP,SMA.
Setiap anak yang yang telah lulus dari taman kanak-kanak,maka akan di arahkan masuk ke sekolah dasar yang telah di pilih menurut letak lokasi rumah masing-masing.Terkecuali jika sang anak telah di daftarkan di sekolah swasta sebelumnya oleh orangtuannya.Peraturan di setiap sekolah berbeda-beda,menurut tempat juga daerahnya,juga cara pelaksanaan upacara masuk seolahnya.Di sini saya akan mengenalkan peraturan yang hampir sama diseluruh sekolah.

Setelah orangtua menyelesaikan masalah administrasi dan mengisi beberapa formulir perjanjian,maka pihak sekolah akan menentukan jadwal upacara masuk sekolah.

Contoh beberapa peraturan sebelum masuk sekolah.
1. Tas sekolah adalah tas yang sudah di tentukan di semua sekolah,yaitu Ransel Sd yang bisa di pesan lewat sekolah ataupun beli sendiri,semuannya harus di kasih nama sang anak.Semua di maksudkan agar tidak tertukar dengan teman yang lainnya.
2. Menyiapakan peralatan belajar,semisal satu set alat tulis menulis dan buku pelajaran yang    bisa di beli sendiri,
3. Pakaian bebas,atau seragam yang sudah di tentukan jika sekolah nya swasta.
4. Kesekolah tidak boleh di antar oleh orangtua,melainkan harus berjalan bersama dengan  rombongannya.
   Kecuali di sebabkan suatu hal,semisal hujan yang terlalu lebat,petir dsb.
5. Makan siang dan snack di sediakan oleh pihak sekolah.Ada juga sekolah yang tidak menyediakannya,
   maka pihak orangtua perlu menyiapakan bekal makanan buat si anak.
6. Menyetujui sistem belajar dan segala peraturan di sekolah.

Acara masuk sekolah biasanya di adakan di bulan april sebagai tahun ajaran baru di jepang.
Murid sd sudah siap dengan tas sekolahnya dan jas hitam stelan untuk upacara tersebut.
Orangtua pun berpakaian formal dengan warna pakaian yang tidak mencolok,atau boleh memakai kimono.

Biasanya anak-anak setelah berpisah dengan teman di sekolah taman kanak-kanak nya akan sedikit merasa sedih karena tidak berjumpa beberapa hari setelah acara perpisahan sekolah taman kanak-kanak,namun akan sangat cerah sekali wajah mereka di hari pertama masuk sekolah SD,karena tahu akan bertemu kembali dengan teman-temannya.
Pihak sekolah telah mengatur segalanya,tempat duduk para orangtua,calon murid dan tamu undangan lain.Acara di mulai dengan nyanyian kebangsaan Kimigayo yang wajib di nyayikan bersama.

Acara selanjutnya pengenalan para guru pembimbing,dan staf lainnya. Sambutan dari kepala sekolah,disini kepala sekolah menyambut masing-masing anak memyematkan topi sekolah, dan menghadiah kan alarm pengaman bagi setiap anak. Di sekolah anak saya tidak ada acara seperti ini,semuanya telah di serahkan sebelum masuk sekolah.
Acara sambutan dari para guru,salah satu perwakilan murid dan senior.Acara nyanyian wajib sekolah.dan terakhir foto bersama seluruh murid dan orangtua.

Setelah upacara di hall,calon murid dan orangtua murid di arahkan memasuki kelas.Di dalam kelas murid duduk di bangku yang sudah di sediakan. Guru kelas memperkenalkan dirinya dengan beberapa kata sambutan. Satu persatu murid di absen dan disuruh memperkenalkan diri,di selingi dengan acara kecil nyanyian dan sebagainya.
Demikian sekilas persiapan masuk sekolah dasar dan upacara masuk sekolah dasar.

Baca Juga Upacara Perpisahan Sekolah Dasar Di Jepang



No comments:

Post a Comment