25 June 2015

Tentang Asal Usul Tanabata

 Di Jepang ada perayaan Tanabata.Tahukah sahabat asal usul Tanabata  dan dongeng kisah Tanabata tersebut?!.

Di kisahkan ada kerajaan langit yang di pimpin oleh dewa langit,yang mempunyai
seorang anak perempuan yang bekerja sebagai pembuat baju para dewa,yang di juluki Putri Pemintal (Ori Hime).

Di lain tempat ada seorang anak laki-laki yang mengembala sapi dewa (Hiko Boshi).Suatu hari mereka bertemu dan langsung jatuh cinta.Akhirnya mereka menikah,namun karena saking asiknya memadu cinta mereka lupa akan pekerjaan mereka,sehingga membuat dewa langit marah. Mereka tidak di perbolehkan lagi untuk bertemu.
Karena kasihan melihat anaknya sering sedih,maka dewa memperbolehkan mereka bertemu setahun sekali di bulan 7 tanggal 7 saja.

Perayaan pesta tanabata pun selalu di gelar di setiap daerah dan kota.Pada hari itu beberapa ruas jalan akan di hiasi oleh pernak-pernik juntaian pohon bambu yang telah dihiasi dengan kertas Origami yang berwarna- warni.Di setiap helai kertas itu ada tulisan pengharapan sang penulis .Di percayai hari itu Putri Pemintal akan bertemu dengan suaminya di gugusan bima sakti (Amanogawa).
Pesta Tanabata layaknya seperti pesta musim panas,ada tarian khas perayaan musim panas,Pangung terbuka,ada beragam tenda-tenda yang menjual souvenir,makanan dan lain sebagai nya.Di beberapa kuil ada pula perayaan berdoa menyambut sang putri dan suaminya.
Hiasan Tanabata tidak hanya ada di jalanan,tapi juga di setiap rumah dan bangunan umum lainnya. Perayaan Tanabata yang paling populer ada di beberapa daerah,seperti Sendai.

Perayaan Tanabata disana sangatlah meriah dan banyak di kunjungi wisatawan mancanegara.
Karena selain di meriahkan dengan penduduk lokal,beberapa artis pun turut memeriahkan pesta tersebut.


No comments:

Post a Comment