27 May 2015

Urashimataro Dongeng Rakyat Jepang

https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=8009119940589104073#editor/target=post;postID=9041102064902542070
Dongeng Rakyat Jepang Urashimataro
Dahulu kala hiduplah seorang nelayan muda yang tinggal bersama ibunya.Suatu hari seperti biasanya Urashimataro pergi menangkap ikan di laut, namun sudah berjam-jam  tak ada seekor ikan pun yang berhasil di tangkap. Ketika bermaksud pulang ke rumah,dia melihat sekumpulan anak-anak yang tengah menjahili seekor kura-kura. Urashimataro mengusir para anak-anak jahil tersebut, dan mengembalikan kura-kura ke laut.

Tiba di rumah ibunya sangat marah sekali karena tak ada satu ekor ikan pun yang di dapat oleh Urashimataro.Keesokan harinya Urashimataro kembali pergi menangkap ikan di laut. Urashimataro masih sangat kesal pada ibunya karena memarahinya,dan sampai berucap akan meninggalkan dirinya jika mendapatkan seorang istri.
Tiba-tiba sampan nya seperti terhalang sesuatu,ketika dia tengok ternyata ada seekor kura-kura yang berusaha naik ke sampan . Kura-kura tersebut menyampaikan pesan dari peri laut kepada Urashimataro.  Peri mengundangnya ke istana bawah laut sebagai rasa terimakasihnya.

Urashimataro naik ke punggung kura-kura tersebut dan sampai di istana yang megah di dasar laut. Di dalam istana dia sudah di sambut oleh peri laut yang cantik.Peri mengucapkan terimakasih kepada Urashimataro yang telah menyelamatkan kura-kuranya.Peri memjamu Urashimataro dengan berbagai hidangan lezat,tarian para penghuni laut dan tak terasa Urashimataro telah 3hari berada di dasar laut,namun merasa sudah lama berada di istana tersebut.Mendadak dia ingin pulang dan merasa sangat rindu pada ibunya.

Dia menyampaikan keinginannya tersebut kepada peri,dan peri mengabulkannya. Peri membekali dia sebuah kotak dan berpesan bahwa"apapun yang terjadi jangan sampai kamu membuka kotak tersebut".

Kura-kura mengantar Urashimataro sampai ke tepi pantai.Dia mulai menuju rumahnya.
Namun desanya sudah sangat berubah termasuk rumahnya.Tidak satupun penduduk desa yang dia kenali. Dia mulai bertanya akan keberadaan nama Urashima yang dahulunya cukup terkenal. Ternyata masih ada seorang nenek yang masih mengenal keluarga Urashima. Nenek itu berkata bahwa 300 tahun yang lalu seorang anak muda hilang di laut,dan khabarnya di bawa oleh peri laut,dan orang itu bernama Urashimataro,saya sendiri mendengar kisah ini dari buyut saya kata nenek tersebut.

Urashimataro kaget sekali,ternyata 3 harinya di dasar laut adalah 300 tahun di dunia nyata. Urashimataro sangat kesal dan membuang kotak pemberian peri ke laut,namun kotak
tersebut kembali lagi ke hadapannya.Karena penasaran dia membuka kotak tersebut dan lupa
akan pesan peri kepadanya. Kotak di bukanya dan mengeluarkan asap putih yang mengelilingi Urashimataro,sekejap Urashimataro berubah menjadi seorang kakek tua yang di penuhi rambut putih.

Jika saja Urashimataro tidak membuka kotak tersebut,maka dia akan tetap awet muda selamanya.

(tamat)



No comments:

Post a Comment