27 May 2015

Kintaro Dongeng Rakyat Jepang

Kintaro Dongeng Rakyat Jepang
Banyak versi yang mengisahkan tentang sosok Kintaro.Baik dalam versi anime ataupun buku cerita anak,dan selalu berbeda alur cerita dan versi. Kintaro adalah dongeng yang di tulis seseorang untuk melengkapi kisah dongeng Momotaro dan Urashimataro.

Sosok Kintaro sendiripun berbeda-beda versi,ada yang mengambarkan Kintaro itu kulitnya berwarna merah,ada pula yang mengambarkan Kintaro itu hanya memakai selembar kain warna merah.

Dahulu kala hiduplah seorang anak kecil yang sehat , lincah dan baik hati.Kintaro dan ibunya hidup di hutan terpencil yang jauh sekali dari keramaian,dan tidak ada satupun tetangga.Teman bermain Kintaro adalah para penghuni hutan seperti,  Monyet,rusa,kelinci dsb. Kintaro juga suka menolong teman nya jika dalam kesulitan. Semakin hari Kintaro kian bertambah besar dan kuat.

Suatu hari Kintaro pergi ke daerah yang belum pernah dia kunjungi sebelumnya. Karena asik bermain dengan temannya Kintaro sampai ke sarang beruang raksasa,dia punbertarung dengan beruang raksasa tersebut dan mengalahkannya.Dia pun dapat mengalahkan beberapa raksasa lainnya,seperti ikan raksasa.

Mendengar itu raksasa babi hutan datang dan menantang Kintaro,namun sayang taring
babi hutan itu mengenai mata ibunya Kintaro.Setelah melumpuhkan babi hutan Kintaro membawa ibunya berkelana untuk mencari orang yang dapat menyembuhkan mata ibunya.
Setelah beberapa hari dalam perjalanan,mata sang ibu sembuh dengan sendirinya. Kintaro sendiri tidak tahu bahwa ibunya adalah seorang  peri hutan dan ayahnya adalah raksasa Naga merah.

Di saat yang bersamaan pula Kintaro bertemu dengan para samurai yang tengah mengawal Kaisar. Para samurai menghadang Kintaro,dan melumpuhkannya. Melihat itu kaisar berkata kepada kintaro agar bersedia menjadi samurainya di istananya. Sang ibu pun menyetujui kintaro untuk ikut dan menjadi samurai.Dikisahkan pula sebelumnya  kebaradaan Kintaro sebagai orang kuat  yang hidup di dalam hutan telah tersebar dan sampai ke telinga Kaisar.
Di akhir cerita Kintaro menjadi samurai yang terkenal.

(Tamat)

No comments:

Post a Comment