09 May 2015

Wisata Ke Turki 2015 (3)

Day 4
Setelah sarapan pagi,seperti biasanya kami checkout lagi dari hotel dan memasukan barang bawaan lagi ke bus.
Tujuan wisata selanjutnya adalah "Pamukkale".Terletak di provinsi Denizli Turkey.Disini pun saya di buat kagum akan pemandangan alam Pamukkale atau "Cotton Castle" dengan mata air panasnya yang berwarna putih .Bentuknya yang berjenjang dan tentu saja kalu masuk harus hati-hati,karena selain licin ada kolam yang air nya sangat panas juga disini.

Wisata Ke Turki

Pamukkale masuk ke situs warisan dunia UNESCO.Jarak antara pintu masuk ke dalam kolam berjalan sekitar 800meter kurang lebih,
pemandangan sekitar nya ituloh...yang menakjubkan sekali,di tambah cuaca yang cerah dengan langit yang membiru.Alhamdullilah..

Sebelum pintu masuk ada bebearapa kedai yang menjual makanan khas turki,dan yang paling unik adalah ice cream Turki.
Waktu itu saya tidak berniat membeli,namun di panggil-panggil oleh para penjaja ice cream tersebut,jadilah saya diusilin mereka dengan sedikit akrobatik ala penjaja ice cream Turki yang setelah itu sering saya lihat di Istanbul.
Saat itu rekamlah video anda yang tengah di usilin sama penjaja ice cream tersebut buat kenang-kenangan dan lucu-lucuan.
Saya pun ada rekaman video nya,yang di ambil oleh teman saya. Walau pun akhirnya saya tidak bisa menyantap ice cream tersebut,selain karena tidak terlalu suka ice cream.

Perjalanan selanjut nya menuju "Konya" yaitu kota di provinsi "Anatolia Turki".Di sini kata guide nya banyak kaum muslim dan banyak masjid.
Kita mengunjungi "Mevlana Museum" (Turki;Mevlana Muzesi).Tempat ini juga tak boleh terlewati dari jadwal tour sahabat. Banyak sekali peninggalan dan sejarah islam di dalam museum ini,selain itu terdapat makam sang penyair terkenal bernama "Jalaluddin Rumi",
Nama Mevlana sendiri berasal dari nama singkatan sang penyair tersebut yaitu "Mawlana Jalal Ad-Din Muhammad Balkhi-Rum".
Turkey Trip

Tempat ini juga sering di kunjungin penjiarah warga setempat. Memasuki tempat ini kita di beri kantong plastik sebagai alas kaki  kita,agar tak mengotori museum.
Pengunjung padat sekali waktu itu,sehingga guide pun kesulitan untuk menerangkan satu persatu. Akhirnya kita cepat keluar museum,untung saya sempat mengambil beberapa foto di dalam museum tersebut.

Akhir nya kami berfoto-foto an di luar museum,dan tak sempat memasuki ruangan museum lainnya,juga karena jadwal kita yang padat.
Sayang sekali kami tak bisa menikmati tarian para darwis atau "Whirling Dervishes". Namun ada cerita yang cukup lucu di sini,sebelum masuk gedung teman saya yang berpenampilan unik di wawancarai seorang anak kecil yang katanya ingin menguji bahasa inggris nya,padahal teman saya itupun bahasa inggris ala tarzan.Kemudian mereka minta berfoto bersama kami,haha...maklum turis nih!!..^^
Selanjutnya  perjalanan kami menuju "Cappadocia".
Day 5
Penginapan kami yang ke 3 adalah "Double Tree By Hilton AC".
Kita sudah memesan tour pagi hari ke "Cappadocia Balon Air".Kita berangkat subuh,lokasi tak jauh dari hotel.Setelah melakukan registrasi pembayaran,kami menunggu bus yang mengantarkan kami ke lokasi balon air.
Setelah menunggu sekitar 2 jam an,kami berangkat dengan bus khusus menuju lokasi balon air. Di sepanjang jalan saya juga terheran-heran dan kagum akan ke unikan bangunan-bangunan di Capadocia ini.

Unik nya bangunan ini bukan bikinan tangan manusia tapi sudah terbentuk secara alami. Seperti mengunjungi negeri dongen saja.

Banyak terdapat hotel gua disini,sayang nya kami tidak memesan penginapan untuk tidur di hotel gua tersebut.Setelah sampai di lokasi dan para staff telah menerbangkan balon percobaan,ternyata cuaca hari ini di anggap tak layak untuk melaksanakan penerbangan balon air,sayang sekali padahal yang paling terkenal di Turki ya balon air ini.

Bagi saya sendiri,naik pun ok tidak pun tidak masalah,karena dasar nya saya sangat takut akan ketinggian. Namun saya pun tidak mau melewati kesempatan yang mungkin tak pernah terulang lagi.Walau akhirnya pun tidak jadi alias bukan keberuntungan,karena katanya jarang yang bisa naik balon air karena faktor cuaca nya. Akhirnya kami kembali ke hotel.
Setelah makan pagi kami checkout lagi dari hotel dan melanjutkan perjalanan kami.

Kami singgah di beberapa tempat untuk mengambil moment foto saja.
Selanjutnya kami mengunjungi toko karpet turki.Di sini kami di terangkan cara membuat karpet dan dari bahan apa saja karpet itu di buat.
Kami juga di perlihatkan beberapa jenis karpet yang telah jadi,sangat bagus memang dan sayang sekali ini pun tak terjangkau dompet,  lagian saya juga bukan penyuka karpet,dan dari grup kami pun tidak ada yang membeli karpet.Walaupun katanya bisa di kirim langsung ke rumah.
Wisata Ke Turki

Lihat di gambar ini,sebuah karpet sedang di tenun,duh...apa jari jemarinya tidak sakit ya?..

Perjalanan selanjut nya menuju "Kaymakli Underground City" atau kota bawah tanah.Bagi anda yang takut akan ruangan sempit atau yang mempunyai gangguan pernapasan sebaiknya menghindari tempat wisata ini.
Entah mengapa jalan sebelum memasuki tempat ini sangat tercium sekali bau pesing,mungkin karena toilet berada di samping lokasi dan di atas bukit pula. Kami mendengarkan penjelasan dari guide kami sebelum memasuki lokasi. Kota ini masuk dalam situs warisan dunia UNESCO.

Tempat ini dulunya adalah tempat persembunyian umat Kristiani pada masa peperangan.
Melalui lorong-lorong di dalam gua ini jalan nya berliku-liku dan hati-hati dengan kepala anda,bisa-bisa pada ke jedot tembok deh!..haha
Di dalam gua ini memang layak nya sebuah rumah besar,ada aulanya,dapur,dan bilik-bilik nya,ko bisa nya hidup di ruangan yang pengap seperti ini dan sampai berbulan-bulan lamanya.

Dari tempat wisata ini kita mampir ke sebuah toku souvenir.Di sini kami bisa membeli souvenir khas turki,ada juga penjaja ice cream turki yang melakukan atraksi seperti yang saya jumpai di Pamukkale. Di sini pun kita bisa mengambil sedikit foto-foto dengan latar belakang alam Cappadocia nya,dan sebentar ke toilet.

Di lanjut kami di ajak makan siang di sebuah restoran yang masih bertema bangunan Cappadocia dan di  dalam gua.
Setelah makan siang kami di antar lagi singgah sebentar untuk berfoto ria di beberapa tempat dan ke toko souvenir.
Perjalanan di lanjut kan menuju penginapan  kami yang ke 4,yaitu di Ankara.