14 March 2015

Kehebatan Shinkansen Jepang

https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=8009119940589104073#editor/target=post;postID=6172279814056564586Negara jepang memang negara yang maju teknologi nya,dan saya sangat kagum akan hal itu. Segala hal yang berhubungan dengan kemajuan teknologi barulah saya dapati,rasakan dan melihat dengan mata kepala sendiri.

Pada tahun 2002 saya pernah mengundang ibu saya ke jepang,dan dia bagai orang udik yang datang ke kota besar,kagum akan semua nya yang serba canggih,otomatis dan cepat. Mulai dari  barang dalam rumah saja yaitu toilet sudah membuat dia nyengir akan ke canggihannya.
Salah satu yang membuat saya kagum adalah shinkansen.

Walaupun harga tiket nya hampir sama dengan harga tiket pesawat,tapi untuk waktu saya rasa shinkansen lah yang paling hemat waktu. Mengapa saya katakan begitu?karena..jika kita naik pesawat kita di haruskan sudah berada di loby 30 menit sebelum keberangkatan, belum lagi melewati beberapa prosedur dan antrian. Tapi shinkansen ini tepat waktu dan prosedur masuk ke dalam nya hanya membutuh kan tiket pass,atau elektronik tiket yang di sebuat "Suica".Kita di sini hanya perlu tahu jadwal nya saja dan kemana arah tujuan.
Pertama kali saya kurang begitu paham bagaimana  untuk mengerti jalur,arah dan gerbang mana yang akan saya naiki. Maklum di dalam stsiun kereta begitu padat orang dengan tujuan masing-masing dan hilir mudik. Lama-lama setelah naik beberapa kali barulah saya paham.

Saat ini sedang sibuk nya pemberitaan jalur baru shinkansen ,dengan shinkansen  yang baru jadi juga dengan sistim yang lebih hebat lagi,yaitu jalur Hokurikku dari Tokyo ke Kanazawa. Yang awal nya dari tokyo ke kanazawa harus berganti stasiun dan singgah dulu di beberapa daerah, sekarang bisa satu kali jalan.
Jadi bagi turis yang hendak berkunjung ke jepang bisa keliling jepang dengan menghemat waktu dan jangan lupa untuk mendapat kan jr pass anda,yaitu tiket pass kereta keliling jepang khusus turis.

Tidak hanya shinkansen nya saja yang super hebat, sistim dan cara kerja pegawai japan railway ini pun membuat kagum dunia luar,ini ceritannya baru lihat acara tv nya..hehe.
Dalam acara ini di undang dua orang yang bergerak dalam bidang shinkansen dari spayol dan perancis,mereka sampai berdecak kagum akan kecangihan ,sistim kerja dan service yang mereka berikan untuk para penumpang. Yang dimaksud service itu juga termasuk sistim keamanan,agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.Begini saya gambar kan.
Mulai kita masuk dalam stasiun, di dalam nya sudah ada beribu kamera atau cctv, scan otomatis tanpa menyentuh badan, dan yang paling baru di buat adalah pagar peyangga antara tempat berdiri menunggu dan pintu masuk ke dalam shinkansen. Karena sudah ada beberapa kecelakan,seperti orang terjatuh di rel kereta,baik mabuk,atau terdorong orang yang lalu lalang,bahkan pernah ada yang mengetuk-ngetuk pintu kereta karena pintu nya sudah tertutup,dan itu sangat berbahaya.

Fasilitas shinkansen layak nya pesawat,ada first class dan ekonomi nya juga, ada ruang makan,ruang tidur dan bahkan sekarang ada kolam air panas nya(onsen) untuk menghangat kan kaki sambil menikmati pemandangan luar.
Sistem per kereta apian jepang pun di pantau setiap hari nya oleh yang memegang tugas atau bagian nya. Selain itu jalur shinkansen juga ada dokter nya loh..^^!.
Namanya "Doctor yellow". Ini adalah shinkansen khusus yang gunanya untuk mengecek jalur-jalur yang di lalaui shinkansen,baik dengan monitor dan pengecekan lainnya.

Salam
Daisy


No comments:

Post a Comment