16 March 2015

Musim Dingin di Jepang

Permasalahan Yang dihadapi di Musim Dingin

Musim dingin mungkin musim yang di benci semua orang,namun begitu ada pula yang menyukai musim dingin dan merasa tak tahan dengan cuaca panas.
Negara Jepang mempunyai 4 musim yaitu:
Musim semi:  Di mulai di bulan Maret~Mei
Musim panas: Di mulai di  bulan Juni~Agustus
Musim gugur: Di mulai di bulan September~November
Musim dingin: Di mulai di bulan Desember~Februari.

Di jepang turun salju,namun tak semua daerah bersalju.Daerah yang bersalju lebat adalah "Hokkaido,Sapporo,Nagano,Niigata.
Bagi yang suka ski,musim ini adalah kesempatan untuk bermain ski.Para wisatawan manaca negara pun banyak yang berkunjung ke jepang untuk bermain ski,alasannya salju di jepang lebih halus. Juga seperti musim lainnya jika ada festival musim semi,musim panas,maka festival musim dingin pun ada. Perayaan seperti balap motor,membuat snow art dsb.


Biaya hidup di musim dingin pun jauh berbeda dengan musim lainnya, biaya hidup bisa dua kali lipat. Sebagai contoh pemakaian penghangat ruangan:
1.Penghangat ruangan listrik atau heater ,
2.listrik plus minyak tanah,
3.minyak tanah plus batteri.
Ketiga penghangat itu wajib ada di daerah bersalju,karena kalau listrik semua dan suatu saat listrik padam,maka bisa sangat kedinginan kita.

Item penghangat:
1.Baju-baju hangat lengkap,topi,kaus kaki bahkan saya juga memakai salonpas penghangat badan yang di tempelkan di baju dalam.
2.Selimut penghangat,matras dsb.
3.Termos penghangat pun ada loh..,biasanya ini buat bayi,karena suhu badan seorang bayi itu lebih hangat dari orang dewasa,maka bayi tidak boleh memakai selimut listrik,namun cukup di taruh termos berisi air panas yang telah di beri air panas,dan termos di balut handuk dulu,lalu letakkan di bawah kakinya.

Memasuki musim dingin daun-daun berguguran yang berarti di jalanan penuh dengan daun. Kita di sini harus membersih kan pekarangan rumah dan jalan depan rumah,agar tak di bilang malas oleh tetangga lain,dan saya paling males menyapu halaman dengan sapu bukan terbuat dari ijuk atau lidi,tapi disini terbuat dari ranting pohon kecil,lumayan berat,dan taman rumah cukup luas.

Karena saya ngak sanggup memelihara taman,yang butuh perawatan,perbersihan,juga jika memasuki musim dingin pohon-pohon di taman itu harus di ikat dengan cara khusus,agar tidak patah tertimpa atau tertimbun salju. Maka kami meminta jasa perawatan taman. Lumayan biaya perawatan nya untuk sekali panggil sekisar 50 ribu yen atau 5juta dalam rupiah. Namun beruntung karena yang jasa perawatan taman itu masih saudara kita,jadi hanya kena setengahnya saja. Itupun tidak sering,hanya 4 atau 5 kali dalam setahun.

Jika salju turun lebat,maka dalam waktu semalam saja di luar sudah serba memutih,genteng rumah pun penuh dengan timbunan salju. Jika timbunan salju di atas genteng di biarkan hingga mencapai ketebalan 40cm lebih maka akan sangat berbahaya,kemunkinan rumah akan ambruk. Pernah saking banyaknya turun salju ,rumah seperti tertimbun salju,karena salju di buang dari atas,namun salju yang di bawah pun menumpuk. Maka setiap haripun kita harus sering membersih kan jalan keluar masuk pintu rumah,dan jalan kecil yang di lalui kendaraan. Belum lagi membersihkan salju yang menumpuk juga di mobil,ihh...pokoknya ribet kalau musim dingin.


Walau pun di jalanan umum itu,air untuk mencairkan es keluar otomatis sesuai jadwal nya,dan ada pula truk khusus membersihkan salju dari jalan,namun jika suhu sangat minus dan beku jalanan akan sangat licin dan berbahaya,dan salju pun mengeras.

Kecelakaan yang sering di timbulkan di musim dingin itu adalah, kebakaran.
Kebakaran terjadi di dalam rumah,akibat lupa mematikan pemanas ruangan atau si empunya tertidur di samping pemanas,lantas api menjilat selimut. Menjemur pakaian di atas pemanas,lantas jemuran jatuh ke pemanas.Maka bagi yang baru tinggal di jepang,jangan mengira semua serba aman,hati-hatilah terhadap pemakaian yang ceroboh seperti yang saya gambarkan tadi.

Kecelakaan yang lain nya lagi adalah,ketika berada di atas genteng dan membersihkan salju. Banyak para manula yang terjatuh dari genteng dan tertimbun salju,atau tertimpa salju yang jatuh dari atap rumah.
Kecelakaan lainnya adalah di jalan raya, mobil slip karena licin. Musim dingin ban mobil itu tidak sama dengan ban mobil musim panas,jadi kita harus mengganti ban mobil atau "Snow Tire",menjelang turun salju. Jika baru pertama kali berkendaraan di jalanan bersalju,baiknya anda berhati-hati dan jalan pelan saja. Lampu merah pun terkadang suka ketutup salju,dan kita tak tahu saat itu merah atau hijau.

Salam
Daisy

No comments:

Post a Comment