12 January 2019

Princess Mononoke

"Mononoke Hime"Salah satu anime fantasi terbaik karya Hayao Miyazaki.
Dahulu kala hutan itu  di kenal banyak misteri dan penuh kutukan. Suatu hari desa nya Ashitaka kedatangan siluman babi hutan yang menakutkan.Ashitaka berusaha mengusir babi tersebut namun tangan kanan nya terkena kutukan dari babi tersebut.Sesuai peraturan adat Ashitaka harus keluar dari desa nya,dan mencari sendiri  penawar kutukan tersebut.

Ashitaka mulai mengembara ke berbagai daerah bersama hewan tunggangan nya.Dia menemukan jawaban bahwa ada hutan yang di jaga oleh kijang misterius  penjaga hutan (Forest Spirit). Dalam hutan itupun ada seorang putri yang selalu menunggangi srigala dan masyarakat menamainya "Mononoke Hime"atau Princess Mononoke".Mo itu berasal dari kata Mori(hutan), No itu norimono(tunggangan)Ke itu Kemono(hewan berbulu),sedangkan putri tersebut bernama "San".

Ashitaka menyelamatkan nyawa prajurit Lady Eboshi dari kota besi,yang tengah berperang melawan samurai. Sebagai ungkapan rasa terimakasih Eboshi mengundang Ashitaka ke kota nya.Dari sana Ashitaka mengetahui bahwa kota besi di bangun dengan meratakan hutan dan mengambil segala nya dari hutan.Lady Eboshi bermaksud mengulingkan kekuasaan daerah yang di pimpin Asano dengan  banyak menguasai lahan daerah besi. San datang ke daerah besi dan bermaksud untuk membunuh Eboshi,namun dengan kekuatan kutukan yang ada di tangan kanan Ashitaka,dia berhasil menyelamatkan San dan membawa nya kembali ke dalam hutan.

San bermaksud membunuh Ashitaka,namun karena Ashitaka menyebut nya cantik San mengurungkan niatnya.San membawa Ashitaka ke kolam penyembuhan dan forest spirit datang menyembuhkan luka yang ada pada Ashitaka.San mulai mempercayai Ashitaka dan menolong menyembuhkan luka nya. Ashitaka kembali datang pada Eboshi yang tengah berperang melawan para samurai Asano. Ashitaka bermaksud ingin  menghentikan keinginan Eboshi untuk mendapatkan kepala dari Forest Spirit. Eboshi bermaksud ingin menghadiahi kepala Forest Spirit kepada kaisar.

Pada saat yang bersamaan San dalam bahaya,karena di telan oleh siluman babi yang terkena kutukan. Ashitaka berusaha menyelamatkan San di bantu oleh forest spirit,namun Eboshi berhasil memenggal kepala forest spirit dan membawanya  kabur. Seketika hutan menjadi kering dan tandus. Ashitaka tetap berusaha menghentikan keinginan Eboshi dan mengembalikan kepala forest spirit. Setelah kepala forest spirit di kembalikan,hutan kembali menjadi hijau dan subur. Walau San tidak bisa hidup di tengah manusia,Ashitaka berjanji akan mengunjungi San kembali sebagai seorang teman.Kota besi hancur oleh amukan forest spirit,namun Eboshi tetap ingin membangun kembali kota besi di tempat yang sama.

No comments:

Post a Comment