19 July 2015

Oshin Drama Nyata Kehidupan Manusia


Drama ini adalah drama populer baik di Indonesia dan di seluruh dunia mengenal yang namanya "Oshin".
Saya sendiri melihat drama ini ketika masih kecil.Drama ini tayang di televisi jepang pada 4 april 1983 sampai 31 maret 1984.
Drama kehidupan ini baru di angkat ke layar lebar di tahun 2013 yang di bintangi "Hamada Kokone,Ueto Aya,Izumi Pinko".

Kisah drama ini adalah kisah nyata kehidupan Oshin sedari kecil sampai dewasa,yang di ceritakan kembali oleh nya kepada cucunya Kei.
Drama perjalanan hidup Oshin memang sangat menarik dan menjadi inspirasi untuk mengenal apa itu kehidupan. Sikap yang pantang menyerah,kuat dalam suasana apapun,Oshin yang penuh cinta kasih kepada keluarga juga teman nya,bahkan orang yang membencinya.Saya kagum dengan kegigihan Oshin dalam menjalani hidupnya.

Kisah kehidupan Oshin di awali di tahun 1907 ketika dia berumur 7 tahun . Keluarga Oshin adalah keluarga miskin yang serba kekurangan.Untuk memenuhi kebutuhan hidup, mereka bertani dan berkebun. Oshin adalah 9 bersaudara,yang mana untuk menyelamatkan kebutuhan makan yang lainnya maka Oshin harus bekerja mengikuti saudara yang lainnya.Pada saat itu ibu oshin tengah mengandung anak yang ke 9.

Pekerjaan utama Oshin adalah mengasuh bayi,selanjut nya mengerjakan pekerjaan rumah tangga majikannya. Dari sanalah di mulai kisah kehidupan Oshin.
Oshin mendapat perlakuan yang keras dari pembantu utama dirumah tersebut. Oshin lari dari majikannya karena sesuatu hal yang tidak dia lakukan.Di tengah badai salju Oshin hampir mati kedinginan dan di selamatkan oleh "Shunsaku" seorang pelarian perang.Oshin sempat hidup bersama Shunsaku namun sayang Shunsaku mati di tembak oleh polisi yang mencari nya ketika hendak mengantar Oshin pulang.  Kemudian Oshin kembali kepada keluarganya.

Setelah itu Oshin mendapat pekerjaan lagi sebagai pengasuh di keluarga Kagaya.
Di awal pekerjaan nya banyak hal yang terjadi padanya,namun akhirnya Oshin dapat bekerja dan di perlakukan sama seperti hal nya putri majikannya "Kayo". Semua berkat Kayo  yang semula membenci nya,namun ternyata menyukai Oshin. Oshin bekerja di keluarga Kagaya sampai berumur 16 tahun yaitu tahun 1916.
Di saat itu  Oshin bertemu dengan seorang pria bernama "Kota Yasuda" dan mereka saling jatuh cinta.Ternyata Kayo mencintai  Kota,dan menyembunyikan surat dari Kota untuk Oshin.
Kayo meminta ikut dengan Kota ke Tokyo.Oshin merasa sangat kehilangan.Pada saat yang bersamaan Oshin di jodohkan oleh keluarga Kagaya kepada seorang pria bernama "Sakuraki",namun Oshin menolak pernikahan dengan Sakuraki.Oshin akhirnya keluar dari keluarga Kagaya dan kembali ke rumah nya.

Oshin mencari pekerjaan di Tokyo berkat rekomendasi dari kakaknya yang telah meninggal akibat TBC.Oshin berharap bisa menjadi penata rambut,namun tak semudah yang dia harapkan.Oshin harus menunggu selama 3 tahun,sampai akhirnya bisa belajar dan bisa usaha sendiri mencari uang.

Oshin pun bertemu dengan laki-laki yang dia cintai yaitu "Ryuzo" dan menikahi nya, walau di tentang oleh keluarga Ryuzo. Bersama dengan suaminya, Oshin mengawali  usahanya sampai di ambang kesuksesan.Sayang sekali di tahun 1923 gempa besar melanda Tokyo dan menghancurkan segala usaha Oshin dan keluarganya. Tak ada yang tersisa, akhirnya Ryuzo membawa Oshin untuk tinggal di rumah orangtuan nya di Saga.
Di sana Oshin mendapat perlakuan yang sangat tidak manusiawi oleh ibu mertua nya ,sampai meninggalnya anak Oshin yang baru saja dilahirkan nya akibat kekurangan gizi. Oshin sangat sedih dan meninggalkan suaminya untuk menata hidupnya kembali.Tidak mudah bagi Oshin untuk menata hidup nya kembali ,dan selalu berpindah tempat sampai akhirnya dia dapat menetap di daerah Ise berkat bantuan Kota.Oshin menjadi penjual ikan keliling sambil menunggu Ryuzo kembali kepadanya.

Oshin berpisah dengan suaminya selama 5 tahun dan akhirnya Ryuzo kembali kepada Oshin. Mereka menata kembali hidup mereka sampai mempunyai beberapa anak.Kehidupan Oshin tetap penuh liku dan beragam masalah.namun Oshin menjalaninya dengan penuh semangat sampai bisa membangun beberapa usaha dan di ambang kesuksesan .Namun di tahun 1983 di saat membangun toko yang ke 17 justru keluarga Tanokura mengalami kebangkrutan.Walaupun penuh kontroversi namun akhirnya seluruh keluarga mampu menerima kebangkrutan hidup mereka,dengan bertekat untuk terus memulai usaha dari awal kembali.

Pemain:
Ayako Kobayashi (Oshin muda)
Yuko Tanaka  (Oshin dewasa)
Nobuko Otowa (Oshin Asli)
Pinko Izumi (Ibu Oshin )

No comments:

Post a Comment