04 July 2015

Onsen Di Jepang Dan Tatakrama Memasukinya

Pemandian air panas (Onsen)di jepang,sangatlah terkenal di seluruh dunia. Saya sendiri punya pengalaman waktu pertama kali memasuki onsen jepang ini.Saya malu banget memasuki pemandian jepang yang tidak memakai penutup apapun alias telanjang,walau pun semuannya wanita. Akhirnya saya melilitkan handuk ke badan saya.Ternyata sejak dari tadi ada nenek-nenek yang sudah tidak suka melihat saya dan di bertambah murka ketika anak saya berisik dan terpercik air ke muka si nenek gerombeng itu..."Masuk ke dalam Onsen ini ada peraturannya ya.."begitu hardik
nya ke pada saya.  Ok ini sedikit pengetahuan tentang Onsen di Jepang.

Manner memasuki Onsen
1.Onsen di jepang rata-rata terpisah antara laki-laki(男) dengan perempuan(女).Walaupun ada tempat campur yang mana boleh memakai penutup badan,handuk ataupun baju renang.
2.Sebelum memasuki pemandian,di sediakan kamar ganti yang di dalamnya ada,loker,mesin pijat, ruang rias dan sebagainya.Masukan semua pakaian kita dan ke dalam onsen hanya boleh membawa handuk kecil yang telah disediakan oleh tempat tersebut,atau boleh bawa sendiri ukuran face towel.Jangan lupa kunci harus anda lingkarkan pada pergelangan tangan dan jangan sampai hilang.
3.Di dalam pemandian ada ruang bilas badan,cucilah dahulu badan sebelum masuk pemandian.Di ruang bilas ini telah di sediakan shampo,conditioner dan sabun.Memasuki pemandian dilarang keras membawa apapun ke dalam pemandian.
4.Ketika berendam dilarang melompat,berisik,bersiul,memercik kan air,dan mengosok dekil(haaha..^^).Pemandangan ini pernah saya lihat.Begitu pula ketika memasuki ruang penghangat(sauna).
6.Sebelum memasuki kembali ruang ganti,pastikan anda telah mengeringkan badan dengan face towel yang telah anda bawa tadi.Bertujuan agar ruang ganti tidak becek karena tetesan air.Di ruang ganti barulah keringkan kembali dengan handuk mandi yang lebih besar. Biasanya di sebuah pemandian besar telah di sediakan satu set handuk,baju ganti(yukata dan lain sebagainya).Satu set peralatan ini bukan di kasih cuma-cuma tapi di kembalikan ke recepsionis.

Kolam pemandian ini terbagi dua:
1.Kolam tertutup;Maksudnya pemandian atau kolamnya tertutup rapat oleh dinding dan kaca.
2.Kolam terbuka ;Maksudnya pemandian atau kolamnya berada di luar di alam terbuka,namun biasanya tertutup oleh hutan,gunung ,laut ataupun sungai.Biasanya Onsen paling ramai di kunjungi di musim gugur,dengan pemandangan daun momiji yang berguguran.

Penginapan;
1.Ryokan= adalah penginapan ala jepang,yang menyediakan Onsen seperti hal diatas .
  Ryokan biasanya hanya menyediakan kamar penginapan dengan beralas tatami(tikar jepang)dengan kasur lipatnya.Ketika kita memasuki Ryokan maka kita akan di arahkan menuju kamar yang telah kita pesan.Ketika kita memasuki pemandian dan kembali ke kamar,jangan kaget kalau kamar kita sudah di bentangi kasur yang semula terdapat di dalam lemari.Ryokan biasanya menyediakan masakan khas jepang (Waisoku atau Kaeseki).Jenis masakan nya pun tergantung harga per night nya.
2.Hotel=Kebalikannya ryokan ,semua kamar ada bed nya.Hotel di jepang pun biasanya menyediakan pemandian air  panas walaupun jarang ada. Masakannya adalah pada umumnya yaitu Buffet.
3.Hotel Ryokan=Jenis penginapan ini sangat lengkap,tersedia kamar dengan tatami juga bed.Pemandian air panasnya pun ada "Rotenburo (kolam di luar)nya".Namun masakannya tetap buffet.

Onsen di jepang telah ada sejak tahun 1583 an setelah "Toyotomi Hideyoshi" datang ke Arima profinsi Hyogo.Sejak mendirikan onsen di Arima maka sejak itulah mulai menyebar kebiasaan beredam air hangat di jepang.
Arima sendiri tidaklah seperti daerah onsen yang lainnya,yang berdekatan dengan gunung berapi.Daerah Arima tidak ada gunung berapi,namun mengapa ada sumber mata air panas di Arima. Misteri ini terunkap setelah beberapa ilmuwan meneliti dari mana sumber mata air panas tersebut.Beberapa letusan gunung berapi yang membelah piringan dasar bumi,yang alirannya terbuka mengalir ke daerah Arima kira-kira 6km dari dasar bumi.

Beberapa onsen lain yang terkenal yaitu:
1.Hakone Onsen; Berada di daerah Kanagawa yang selalu ramai di kunjungi turis lokal maupun manca negara.Di sini tersedia bermacam-macam kolam mandi,ada kopi,teh hijau,bahkan wine merah. Onsen di daerah kunjungan wisata ada yang boleh memakai penutup badan.
2.Kusatsu Onsen;Berada di daerah Gunma.Dengan hamparan air panas yang bisa di lihat umum (Yubatake Onsen).Mata airnya sangat berguna untuk kesehatan badan.Bahkan disini ada perayaan onsen yang disertai dengan tarian, nyanyian lagu tradisional juga ada upacara berdoanya.Onsen di daerah sinipun sudah lama ada sejak jaman Edo.
3.Yufuin Onsen; Berada di daerah Oita dengan pemandangan alamnya yang masih natural.
4.Noboribetsu Onsen: Berada di daerah Hokkaido.Dengan Jigokudani (Hell Valley)nya yang terkenal sampai ke manca negara. Di sebut sebagai lembah neraka karena ada mata airnya yang sangat panas.
5.Dogo Onsen; Berada di daerah  Matsuyama Profinsi Ehime.Daerah ini juga banyak di kunjungi wisatawan.



Salam
Daisy


No comments:

Post a Comment