17 March 2018

Spirited Away

Dalam bahasa jepang nya judul film ini adalah "Sen to Chihiro no Kamikakushi"(千と千尋の神隠し),atau dalam judul bahasa inggris nya "Spirited Away".
Film anime ini di rilis pada tahun 2001,dan menjadi film dengan jumlah penghasilan terbesar,melebihi film Titanic.Juga meraih penghargaan Oscar dan Beruang emas dalam katergori film animasi terbaik.

Dikisahkan seorang gadis kecil bernama Chihiro sedang menuju perjalanan ke rumah baru mereka bersama keluarganya. Ayah Chihiro bermaksud memotong jalan dengan melewati sebuah hutan.Ternyata mereka kesasar dan berhenti di sebuah terowongan yang penuh semak belukar.

Karena penasaran ayah dan ibu Chihiro turun dari mobil dan melihat kondisi tempat tersebut.Chihiro sejak awal merasa ketakutan,namun orangtua nya tetap mencari tahu. Sampai akhirnya mereka melihat sebuah taman yang indah,yang ternyata terowongan dan taman itu adalah batas antara alam gaib.

Mereka memasuki alam gaib,sampai menemukan sebuah kota yang penuh dengan hidangan makanan.Karena merasa lapar,orangtua Chihiro memakan hidangan tersebut.Hanya Chihiro yang tidak mau menyantap hidangan tersebut karena takut akan di marahi pemilinya.

Ketika sedang melihat kondisi tempat tersebut Chihiro bertemu dengan pemuda bernama Haku.Dia memperingati Chihiro agar segera kembali ke asalnya sebelum matahari terbenam,namun sayang semuanya sudah terlambat.
Orang tua Chihiro pun sudah berubah menjadi babi,akibat kutukan menyatap hidangan milik orang lain.
Haku membantu Chihiro agar bisa kembali ke dunia nya.Dia menyuruh Chihiro untuk menemui kamaji,seorang pekerja pemanas air di pemandian air panas milik "Yubaba" (sang penyihir).

Disana Chihiro berkenalan dengan Rin,yang membawanya kepada Yubaba.
Chihiro akhirnya memdapatkan juga pekerjaan nya di pemandian Yubaba,setelah melewati berbagai kesulitan.Yubaba menyuruh menandatangani surat perjanjian kerja.Nama Chihiro di rubahnya dengan hanya meninggalkan tulisan kanji Sen.
Di kediaman Yubaba,Sen juga bertemu dengan Boo(anak Yubaba) dan Haku yang tak lain adalah kaki tangan Yubaba.Haku memperingati Sen agar jangan sampai melupakan nama aslinya karena dia akan menjadi milik Yubaba selamanya
,sama seperti Haku yang lupa akan nama aslinya.

Suatu hari pemandian Yubaba kedatangan tamu siluman lumpur penghuni sungai yang kaya raya.Chihiro membantu menyiapkan pemandian siluman yang sangat bau tersebut.Tamu tersebut merasa sangat puas dan menghadiahi sen kue peluntur sihir. Yubaba pun senang dengan kerja Sen.Ternyata pekerjaan nya di bantu oleh "Kaonashi"(no face),yang sejak bertemu Sen merasa suka dengan keramahannya.
Suatu hari Kaonashi datang ke pemandian mencari Sen, dan mulai menunjukkan kemarahan nya dengan menelan para pekerja yang tamak akan emas yang di bawanya.

Di lain waktu Sen menemukan Haku yang terluka parah akibat serangan dari burung kertas milik Zeniba.Dalam perwujudan lain nya Haku berbentuk seekor Naga ,namun Sen mengenali nya. Zeniba adalah saudara kembar nya Yubaba yang saling bermusuhan.
Zeniba menyihir anak Yubaba "Boo" yang gemuk itu menjadi liliput kecil.Demi menyelamatkan Haku,Chihiro bermaksud pergi ke kediaman Zeniba dan mengembalikan stempel yang di curi Haku.

Sementara itu,Kaonashi yang tengah mengamuk di pemandian milik Yubaba bisa di kendalikan menjadi baik oleh Sen.
Sen mengajak kaonashi,dan Boo menuju ke kediaman Zeniba.
Zeniba menyambut baik Sen,bahkan memeberinya zimat agar dia bisa melewati rintangan dari Yubaba.Haku menjemput Sen,dan dalam perjalanan  Sen bercerita bahwa dia seakan pernah bertemu dengan seseorang yang menyelamatkan nya dari arus sungai.Ternyata Haku ingat,dan juga bisa mengingat kembali namanya dan ternyata dialah yang pernah menyelamatkan Sen kala itu.Nama aslinya Haku adalah "Migihayami Kohakunushi".

Haku dan Sen kembali ke pemandian Yubaba.Semua pekerja termasuk Boo,sangat mendukung Sen dan ibunya agar bisa kembali ke dunian nya. Akhirnya Yubaba membebaskan orangtua Sen.Mereka tidak ingat apapun ketika menjadi seekor babi.Sen dan orangtua nya kembali ke dunia manusia,sementara Haku berjanji akan menyusul di suatu hari nanti.

Penulis/Sutradara: Hayao Miyazaki
Produser : Toshio Suzuki
Pemeran : Rumi Hiiragi,Mari Natsuki,Miyu Irino,Takashi Naito,Yasuko Sawaguchi.


No comments:

Post a Comment