03 April 2015

The Wind Rises

Kaze Tachi Nu "風立ぬ"。
Sudah sejak kecil Jiro Horikoshi selalu bermimpi melihat pesawat dan bertemu dengan orang asing
Orang dalam mimpinya itu bernama Caproni, dialah yang selalu memberi nasehat kepada Jiro.
Kemudian Jiro melanjutkan kuliah di Tokyo,dalam perjalanan nya menuju tokyo terjadi gempa besar yang membuat kereta berhenti sebelum mencapai stasiun.
Jiro sempat menolong dua orang wanita yaitu Naoko dan pengasuh nya.

Setelah menyelesaikan kuliah nya di tokyo,Jiro mendapat pekerjaan di Nagoya,dan terus melanjutkan mimpi nya untuk membuat pesawat.Jiro bekerja di rumah arsitek dan mulai membuat serangkaian ujian.

Pesawat pertama buatan nya Hayabusha gagal total,terjatuh dan hancur. Namun Jiro tak mengenal putus asa,dia terus meneliti apa kekurangan kekurangan pesawat buatannya. Jiro pergi ke berbagai pabrik pembuatan bangunan,dan juga pabrik pesawat milik negara German.
Jiro sempat di halangi untuk melihat pabrik tersebut,karena mereka tahu buatan nya akan di tiru.
Beruntung Jiro di bolehkan melihat oleh warga jepang yang bekerja di pabrik itu juga.Jiro terus membuat pesawat yang dia impikan,walaupun gagal dan dia terus belajar dari ke gagalannya.

Akhirnya jiro berhasil juga membuat pesawat yang layak terbang untuk pertama kalinya,walaupun belum terlalu sempurna.

Suatu hari dalam perjalanan pulang angin begitu kencangnya,Jiro bertemu kembali dengan Naoko,namun Jiro tidak mengenali Naoko.
Naoko mengenali Jiro,dan membuat sendiri tempat pertemuannya dengan Jiro.
Doa Naoko terkabul,Jiro datang ke tempat dimana Naoko selalu berdoa. Naoko mengungkapkan perasaannya, bahwa sejak pertemuan pertama kali di kereta dia sudah menaruh hati kepada Jiro,ternyata Jiro pun sama jatuh cinta dengan Naoko sejak pandangan pertama.

Jiro melamar Naoko,namun Naoko mengungkapkan bahwa dirinya mempunyai penyakit yang sama dengan ibunya yang telah wafat.
Jiro tidak masalah dengan kondisi Naoko,namun Naoko ingin sembuh dulu dari penyakitnya sebelum menikahi Jiro.
Naoko menempuh pengobatan meditasi di tempat terpencil dan selalu merindukan Jiro.

Ternyata dia tak kuat menahan rasa rindu nya kepada Jiro dan segera menjumpai Jiro. Jiro membawa Naoko ke rumah bos nya. Karena mereka belum menikah bos menolak menerima keduannya.
Namun ternyata mereka berniat menikah mendadak dan minta pertolongan bos nya dalam melakukan ritual pernikahan mereka yang hanya di saksikan mereka ber empat saja.

Horikoshi Jiro dan Satomi Naoko akhirnya menjadi pasangan suami istri.
Untuk sementara Naoko masih di titipkan di rumah bos nya Jiro. Jiro  masih sibuk dengan pembuatan pesawatnya ,yang akan di buat lebih canggih lagi. Adik Jiro yang seorang dokter pun datang berkunjung dan menemani Naoko yang kesepian.

Karena merasa kesehatan nya makin menurun akhirnya Naoko keluar dari rumah itu dan meninggalkan 3 buah surat yang di tunjukan untuk Jiro,adik Jiro,dan istri dari bos Jiro. Naoko pergi untuk melihat keindahan alam di sisa hidup nya.
Di saat yang sama Jiro berhasil membuat pesawat yang di impikannya,pesawat yang lebih bagus dari sebelumnya.Pesawat tempur itu di namakan Zero. Pada saat uji kelayakan pesawat tersebut,Jiro mendapat firasat dari angin yang berhembus bahwa istrinya telah tiada.

Suatu hari Jiro bermimpi bahwa pesawat yang di rancangnya jutru menimbulkan banyak korban jiwa,karena di pakai untuk pertempuran.Jiro menyesali ,namun Caproni dan Naoko datang dalam mimpi dan menghibur nya.

Film  animasi ini arahan terakhir sutradara Miyazaki Hayao dari Studio Gibli  yang mendapat banyak sambutan luar biasa di dunia internasional.



No comments:

Post a Comment