10 April 2015

Acara Perpisahan Sekolah SD Di Jepang

acara perpisahan sekolah

Kalau kemarin ini saya menulis Upacara Masuk Sekolah SMP Di Jepang, sekarang saya akan membahas acara perpisahan di sd.
Sekolah dasar di jepang adalah enam tahun lamanya,di lanjut SMP tiga tahun,SMA tiga tahun.
Acara perpisahan SD ini ada di pertengahan bulan maret .Seperti biasanya di setiap acara pasti di adakan gladiresik dulu.Acara di mulai jam sembilan pagi.Kami memakai baju formal warna hitam,dan siswa kelas enam sudah memakai baju formal pula.

Yang mana sebelum acara perpisahan SD dan acara masuk smp,calon murid sudah menyelesaikan semua administrasinya untuk masuk melanjutkan ke jenjang SMP.
Para pengurus sekolah,tamu undangan,para siswa sudah di tentukan tempat duduknya.
Acara di mulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan jepang "Kimigayo".Acara sambutan dari kepala sekolah,pengurus dari guru,dan di lanjut acara penyerahan pemberian sertifikat kelulusan.

Satu persatu murid di panggil kedepan untuk mendapat kan sertifikat dari kepala sekolah. Siswa menceritakan secara singkat kesan dan pesan nya.Acara selanjut nya adalah pertunjukan atau performance pemukulan beduk "Taiko"dari siswa kelas enam ini. Sudah tampak ada beberapa siswa yang menangis sambil memukul beduk. Acara selanjut nya nyanyian bersama,yaitu lagu khas sekolah SD  tersebut.Di tutup acara penghormatan bersama sambil mengucapkan "Sayonara".Di lanjut foto bersama.

Siswa satu persatu memberi bunga kepada orang tua,dan berjalan keluar gedung yang di luar nya telah berbaris para adik kelas,banyak sekali yang menangis merasa kehilangan  senior nya.Para orang tua juga banyak yang menangis,saya tahu apa yang mereka rasakan karena sama dengan yang saya rasakan. Senang bercampur haru,sudah menanjak remaja begini buah hati tercinta.

Acara khusus di adakan di ruang sekolah lama,sebagai kegiatan terakhir di ruangan kelas tersebut. Semua guru satu persatu memberikan kesan dan pesannya di hadapan murid dan para wali murid.
Jam dua belasan acara sudah selesai,dan di lanjut acara perpisahan khusus lagi yang di hadiri para orang tua ,anak dan guru.Acara diadakan jam lima sore,yang mana tempat dan makanan  nya sudah di pesan jauh hari sebelumnya. Kami juga memesan bus khusus untuk menuju tempat tersebut. Kalau acara perpisahan di sekolah adalah acara formal nya,kali ini adalah semi formal.

Pakaian bebas,acara nya adalah sambutan dari guru pembimbing. Guru memberi kesan dan pesannya kepada murid nya. Di lanjut acara karaoke,namun cuma para anak-anak yang bernyanyi.Di lanjut acara foto bersama.Terakhir ketua pengurus memberi sambutan,dan di akhiri dengan mengucapkan "Banzai"3kali. Arti kata banzai bisa bermacam arti,seperti "hore..,merdeka..,bebas dll.


No comments:

Post a Comment