18 June 2016

Departures

okuribito

Departures atau dalam judul jepangnya ""Okuribito".
Film ini banyak meraih penghargaan dari berbagai festival film dunia,seperti Montreal World Film Festival di tahun 2008.

Daigo,adalah pemain cello yang sedang naik daun di daerah Tokyo.Namun ternyata,impiannya berakhir takkala pemimpin okestra menyatakan membubarkan okestranya.Padahal Daigo masih mempunyai hutang yang lumayan besar,karena pembelian biola impiannya.
Akhirnya Daigo mengangur dan hanya memandangi cello nya. Mika istrinya bekerja sebagai web designer.

Daigo membawa istrinya untuk pindah tinggal di kampung halaman nya di Yamagata.
Sampai suatu hari dia membaca lowongan pekerjaan,yang dia sangka adalah perusahaan travel.Daigo langsung di terima dan bahkan mendapat uang muka.
Daigo merahasiakan pekerjaannya kepada istrinya,karena dia sangat yakin istrinya pasti tidak setuju.Pertama kali kerja Daigo mendapatkan pengalaman
yang mengejutkan,dia dan bos nya"Sasaki" mendapat kerja memandikan jenazah yang hampir busuk.
Daigo muntah-muntah,namun ternyata lama kelamaan dia menjadi kuat dan terbiasa.
Lama kelamaan,Mika istri Daigo mengetahui kebohongan suaminya.Dia meminta Daigo berhenti dari pekerjaannya.Daigo tidak mau,dan Mika meninggalkan Daigo kembali ke Tokyo.

Daigo melanjutkan perkerjaanya sebagai perias mayat,dia menjadi perias mayat yang profesional dan penuh kasih.Setelah beberapa hari ternyata Mika kembali,dan meminta Daigo berhenti bekerja demi anak yang tengah di kandung nya.
Bersamaan dengan itu,seorang ibu pengurus Onsen yang dekat dengan Daigo meninggal dunia.
Daigo langsung datang dengan istrinya,dan disaat itulah Mika tersentuh hatinya melihat bagaimana Daigo sangat menghormati orang yang telah meninggal. Mika tidak meminta Daigo berhenti dari pekerjaannya lagi.

Suatu hari Mika mendapat surat,dari tempat ayah Daigo bekerja.Surat itu adalah
surat kematian ayah nya Daigo. Di ceritakan..,ayah Daigo meninggalkan istri dan anaknya demi seorang wanita. Mika meminta Daigo untuk menandatangani surat kematian ayahnya dan menengok ayahnya.Daigo awalnya tidak mau dan masih sangat marah dengan ayahnya yang telah meninggalkannya 30 tahun yang lalu.
Namun berkat bujukan dari Yuriko dan istrinya Mika,maka Daigo menemui ayahnya.
Dia melihat mayat ayahnya,dan merasakan ayahnya hidup menderita selama ini.Daigo memandikan dan merias ayah nya dengan penuh kasih sayang.


Para pemain:
Daigo Kobayashi   :Masahiro Motoki
Mika Kobayashi    :Ryoko Hirosue
Ikue Sasaki          :Tsutomu yamazaki
Yuriko Uemura     : Kimiko Yo


No comments:

Post a Comment