04 November 2015

Orang-Orangan Sawah di Jepang

Orang-orangan sawah
Saya pernah ditanya "apakah di Jepang ada sawah",ya..jelas ada !..kan Jepang
juga sama dengan Indonesia,makanan utama adalah nasi bukan kentang.
Di Jepang justru ada kontes membuat orang-orangan sawah yang diadakan setiap tahun nya,di musim panas. Tapi..kali ini tulisan saya mengenai orang-orangan sawah di Jepang.

Tahukah sahabat..bahwa di Jepang orang-orangan sawah juga bisa menjadi tempat kunjungan wisata?. Bahkan ada sebuah desa yang penduduknya hanya 30 an orang saja,dan orang-orangan sawah nya lah yang paling banyak jumlah nya.
Desa itu bernama desa Nagoro (Pulau Shikoku). Cerita berawal dari "Tsukimi Ayano" yang datang kembali ke desanya untuk merawat ayahnya yang sakit.
Dia mencoba bercocok tanam,sayuran dan buah-buahan. Karena takut tanaman nya akan di mangsa burung,maka Ayano mulai membuat orang-orangan sawah,yang tujuan untuk menakut-nakuti burung.Lalu munculah ide  Ayano untuk meramaikan desanya dengan membuat orang-orangan sawah.

Ayano meletakkan orang-orangan sawah di berbagai tempat.Semisal di sebuah rumah,lengkap dengan keluarga ada kakek dan nenek,suami dan istri serta anak-anaknya.Di sebuah sekolah lengkap dengan murid-murid dan gurunya. Di jalanan,di persawahan,di kebun dan lain sebagainya. Hingga karya Ayano semakin banyak dan semakin terdengar dari mulut ke mulut. Oleh pemerintah daerah tersebut desa Nagoro resmi di jadikan tempat kunjungan wisata.
Jika kita kesana mungkin akan terasa menakutkan seperti mengunjungi kota mati saja. Kita akan bingung jika orang yang kita temui,orang-orangan sawah atau orang beneran..hahaa

Karya orang-orangan sawah Ayano sudah lebih dari 300 buah,dan tempat kunjungan wisata itu selain di sebut desa Nagoro,di sebut juga desa orang-orangan sawah atau" Kakashi no Sato".
Saya sendiri belum pernah kesana,hanya melihat acara televisi yang membahas tentang desa tersebut. Ada rasa penasaran juga sih..pengen kesana,tapi saya termasuk penakut (hmm..mikir dulu).

Di Jepang juga ada kontes orang-orangan sawah yang diadakan setiap tahun di musim panas.
Saya sendiri sudah berkali-kali datang dan melihat beragam orang-orangan sawah yang di buat oleh para peserta,atau penduduk desa setempat.Mereka akan mendapatkan serifikat keikut sertaan. Bagi kontestan yang karyanya paling menarik akan mendapat hadiah khusus dari pemerintah daerah tersebut.

Selain itu juga di Jepang  ada orang-orangan sawah yang menakutkan yang terbuat dari manekin. Cerita berawal dari "Takenori Morimoto" yang mempunyai teman seorang penata rambut.Takenori menancapkan orang-orangan sawah yang terbuat dari manekin itu di sawahnya.Yang menakutkan karena hanya kepalanya saja yang di pakai,sedangkan badan nya hanya satu batang kayu peyangga. Orang-orangan sawah ini membuat
takut banyak orang,apalagi di malam hari dan terkena bias lampu mobil..coba bayangkan sendiri..ihhh..




No comments:

Post a Comment