15 August 2015

Tatakrama Bagi Turis Jika Berkunjung Ke Jepang

tatakrama bagi turis jika berkunjung ke jepang
Foto di ambil di daerah Kyoto

Setiap negara punya aturan dan tatakrama yang mereka jaga dan patuhi.
Banyak sekali turis yang datang ke Jepang,tidak mematuhi aturan dan tatakrama
yang di tetapkan di Jepang.
Banyak dari mereka membawa kebiasaan buruk nya ketika berkunjung ke Jepang.Yuk..simak apa saja tatakrama yang ada di Jepang tersebut, yang mungkin tak beda jauh dengan negara lain.Simak apa saja ulah para turis yang membuat kecewa pihak pengelola wisata.

1.Mencoret-coret
Ada beberapa ulah wisatawan yang bermaksud mengabadikan tulisannya dengan
mencoret pohon,bebatuan ketika berwisata ke Jepang.Contoh saja di tahun 2013 terjadi pencoretan di gunung Fujiyama,yang menjadi berita besar seluruh dunia.Masalahnya gunung Fuji itu adalah tempat suci yang selalu di jaga kebersihannya.Gunung Fuji juga menjadi simbol wisata Jepang.

2.Memanjat pohon dan memetik bunganya.
Entah kenapa ada saja turis yang iseng memetik,memanjat pohon dan berfoto di atas nya.Padahal setiap pohon apalagi di tempat wisata itu tidak tumbuh begitu saja,namun di rawat agar pohon tetap menghasilkan bunga yang indah.

3.Mengambil sesuatu ke punyaan umum.
Contohnya saja tisu toilet umum.Di Jepang setiap toilet pasti ada tisu pembersihnya,namun ada saja turis yang membawa tisu tersebut menjadi miliknya.

4.Makan sambil berjalan.
Di Jepang jika kita membeli makanan di kedai,tidak di bolehkan makan sambil berjalan.Kita harus makan di tempat tersebut.Kenapa hal itu di larang?karena..kemungkinan makanan jatuh atau mengenai oranglain,dan menjadi masalah.

5.Berfoto di tempat yang di larang.
Ada beberapa tempat yang dilarang mengambil foto,kita bisa melihat papan pengumumannya yang biasanya ada di lokasi.Contohnya hal besar yang pernah terjadi di pasar ikan maguro.Di tempat itu sudah ada papan pengumumannya namun turis tetap saja mengambil foto bahkan memasuki wilayah yang dilarang.Hal ini sempat masuk dan jadi pembicaraan
di televisi,para penambak ikan tersebut protes agar turis tidak usah lagi berkunjung ke pasar ikan. Kenapa di pasar ikan pun ada peraturan tersebut?ikan maguro adalah ikan yang mahal dan sangat di jaga kebersihannya dari bakteri yang mungkin saja hinggap.
Ada satu hal yang memang tak ada pengumumannya namun sering di lakukan turis yaitu memoto orang tanpa sepengetahuan orang tersebut.

6.Berisik di tempat yang tidak semestinya.
Contohnya di rumah sakit yang butuh ketenangan,di gedung bioskop,di dalam pemandian.
Pemandian atau Onsen bagi Jepang pun adalah tempat suci, tempat mensucikan diri ,lebih detailnya tentang Onsen disini Tatakrama memasuki Onsen

7.Membuang sampah sembarangan
Kalau hal seperti ini di negara manapun tidak di perbolehkan tentunya.Namun hal ini banyak terjadi khususnya membuang puntung rokok.Di Jepang banyak kejadian kebakaran karena puntung rokok yang masih ada api nya.Bawalah asbak spesial yang banyak di jual di mini market.Bahkan ada tempat yang memang di larang namun tetap merokok disana.

8.Tidak mengantri
Orang Jepang sangat patuh dalam hal ini,mengantri baik di pertokoan maupun ke dalam toilet.

9.Tidak mematuhi lalulintas.
Banyak juga turis yang tidak mematuhi lampu merah,tidak memberi tempat duduk bagi lansia.


Demikianlah sebagian tatakrama di Jepang yang perlu di ketahui,meskipun masih banyak lagi tatakrama yang berhubungan dengan kebudayaan di Jepang ini.Tatakrama di sekolah,di dalam rumah orang Jepang,berkenalan dan masing banyak lagi.



No comments:

Post a Comment